Tips Menghindari Efek Samping Cream Pemutih Wajah

Penggunaan produk cream wajah, seperti cream pemutih wajah, seharusnya tentu memberikan hasil yang baik untuk kulit wajah kita, seperti membuat kulit lebih sehat, dan terlihat lebih putih cerah.

Namun, ada kalanya penggunaan cream pemutih justru berdampak kurang baik, atau menimbulkan beragam gangguan kesehatan di kulit wajah.

Silahkan baca, mengapa ada peringatan hindari penggunaan produk kosmetik pada area mata ?.

Menghindari Efek Samping Cream Pemutih Wajah

Efek Samping Cream Pemutih Wajah

Efek samping yang ditimbulkan oleh cream pemutih wajah tidak akan sama pada setiap individu pemakainya, tergantung pada kondisi kulit dari si pemakainya itu sendiri.

Bahkan juga mungkin terjadi dalam jangka waktu yang berbeda. Ada orang yang mengalami efek segera setelah menggunakan produk berbahan tertentu, serta ada pula yang mengalami efeknya setelah penggunaan jangka panjang.

Namun, secara garis besar, masalah pada kulit yang disebabkan oleh produk cream wajah bisa dibagi menjadi dua faktor penyebab, yaitu

  1. Gangguan Dermatitis Kontak Terhadap Produk Cream Wajah

  2. Efek samping ditimbulkan karena paparan langsung dari bahan didalam cream pemutih yang bisa menyebabkan kerusakan kulit, seperti kulit melepuh, terasa gatal, iritasi, dan terasa perih.

  3. Alergi Karena Reaksi Sistem Imun Terhadap Bahan Cream Wajah

  4. Bahan-bahan tertentu didalam cream wajah bisa dideteksi sebagai zat berbahaya oleh sistem imun tubuh, sehingga sistem imun kemudian merangsang reaksi perlindungan diri dengan respon yang kita kenal dengan istilah alergi.

    Efek yang umum terlihat adalah perubahan warna kulit menjadi terlihat kemerahan, terasa gatal, dan bengkak yang umumnya terlihat di area bibir, kelopak mata, telinga, atau di sebagian area wajah.

Baca juga, lakukan ini saat anda mengalami gatal alergi, dan tips mengatasi timbulnya jerawat pasca penggunaan produk wajah

Pada sebagian kasus, pengguna cream wajah bisa mengalami salah satu atau bahkan kombinasi dari 2 jenis efek samping di atas, alergi dan iritasi. Umumnya, penyebab dari reaksi tersebut adalah kandungan bahan pewangi atau pengawet di dalam produk cream wajah.

Bahkan bukan hanya cream wajah saja, produk shampoo, sabun wajah, produk makeup, serum wajah, dan tabir surya (baca, tips menggunakan tabir surya), juga bisa memicu reaksi alergi atau iritasi. Sehingga terkadang sulit untuk menentukan produk mana yang menyebabkan efek samping perubahan pada kondisi kulit wajah kita.

Sebenarnya, reaksi yang ditimbulkan oleh produk cream perawatan wajah hanya bersifat sementara, dengan catatan telah dipastikan jika produk tersebut benar-benar menggunakan komposisi yang aman, tanpa kandungan zat berbahaya seperti mercury atau hydroquinone.

Namun, jika yang anda dapatkan adalah reaksi alergi atau iritasi yang terjadi secara terus-menerus, mungkin ada baiknya anda menghentikan penggunaan produk wajah yang anda gunakan.

Atau, untuk lebih meyakinkan anda dari aman atau tidaknya produk cream pemutih wajah yang anda gunakan, anda bisa mengkonsultasikan jenis bahan dari produk yang anda gunakan, baik tingkat keamanan ataupun tingkat kemungkinan menyebabkan alergi atau iritasi, kepada dokter pribadi anda.
Share:

5 Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Rambut yang terlihat indah dan sehat dapat menunjang penampilan seorang perempuan. Makanya, tidak salah jika kita merasa khawatir saat men...

Paling Baru