Ini Yang Harus Dilakukan Saat Gatal Alergi

Alergi adalah respon berlebih dari sistem imun tubuh saat ada benda atau zat asing yang menyentuh kulit, yang kemudian dianggap sebagai benda yang berbahaya.

Meskipun alergi menunjukan jika sistem imun tubuh kita mau bekerja untuk melindungi tubuh, namun efek yang ditimbulkan dari alergi, seperti rasa gatal, ruam, dan bentol-bentol pastinya akan terasa cukup mengganggu, bahkan bukan tidak mungkin bisa terasa menyiksa.

Alergi

Alergi

Rasanya cukup sulit untuk menghindari kemungkinan kembali terkena alergi jika kita sudah pernah mengalaminya, terkecuali kita bisa mengetahui secara cepat dan pasti faktor pemicu dari reaksi alergi yang kita alami tersebut, karena satu orang dengan lainnya bisa saja memiliki reaksi terhadap alergen atau pemicu alergi yang berbeda.

Ada orang-orang yang alergi saat menyentuh bahan latex, nikel, atau material & logam-logam tertentu, ada pula yang alergi karena zat-zat kimia, dan tidak jarang juga ada orang yang alergi karena tersentuh hewan atau tumbuhan tertentu

Namun yang pasti, apapun pemicu dari alergi yang anda alami, saat reaksi alergi sudah mulai muncul, sangat disarankan untuk menghindari menggaruk area kulit yang ruam atau gatal.

Karena bukannya meringankan, menggaruk justru bisa membuat area gatal semakin meluas, selain beresiko membuat kulit menjadi lecet akibat garukan yang terlalu keras.

Baca juga, ini bahayanya tidur setelah makan.

Jika alergi bukan ditimbulkan dari cuaca dingin, anda bisa meringankan rasa gatal dengan menempelkan es yang dibungkus lap ke daerah kulit yang gatal.

Atau anda juga bisa mencoba mandi menggunakan air hangat untuk menenangkan saraf pemicu rasa gatal.

Gunakan sabun lembut yang tidak mengandung pewangi, dan oleskan lotion atau pelembab pada kulit untuk membantu meredakan rasa gatal akibat alergi.

Jika alergi terjadi cukup sering, anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, terutama jika anda kesulitan untuk menghindari alergen yang bisa memicu reaksi alergi di tubuh anda.

 
Atas