5 Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Rambut yang terlihat indah dan sehat dapat menunjang penampilan seorang perempuan.

Makanya, tidak salah jika kita merasa khawatir saat menemukan banyak helai rambut yang rontok atau tercabut saat menyisir.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Masalah rambut rontok atau dikenal dengan istilah alopecia dalam bahasa medis, bisa dialami oleh siapa saja. Namun umumnya lebih banyak dialami oleh mereka yang berusia 30 sampai 40 tahun an.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab masalah rambut rontok, diantaranya seperti polusi, paparan sinar matahari, diet ketat, perubahan hormonal seperti kehamilan, dan adanya gangguan kesehatan.

Namun, ditemukan jika sebagian besar masalah kerontokan rambut disebabkan karena perubahan hormon di dalam tubuh, terutama yang dialami oleh perempuan setelah melahirkan.

Khusus untuk anda yang mengalami masalah tersebut, anda bisa membaca artikel cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

Sebenarnya, secara normal setiap hari kita akan kehilangan sekitar 50 sampai 100 rambut setiap harinya.

Sejumlah rambut tersebut akan rontok dan tergantikan oleh rambut baru.

Proses rontok dan tumbuhnya rambut tergantung pada fase pertumbuhan rambut yang dimiliki oleh seseorang, dan tidak sama waktu prosesnya pada masing-masing orang.

Yang kemudian dikategorikan sebagai masalah adalah saat pertumbuhan rambut menjadi lambat sehingga rambut terlihat semakin menipis. Atau, bisa juga jumlah helai rambut yang rontok jauh lebih banyak dari helai rambut baru yang tumbuh.

Masalah rambut rontok tersebut merupakan masalah yang harus diatasi. Karena jika tidak, bukan tidak mungkin akan menyebabkan anda kehilangan lebih banyak helai rambut dan mengalami kebotakan.

Baca juga,



Beberapa tindakan medis ataupun cara tradisional bisa menjadi solusi masalah anda. Namun untuk membantu mempercepat penyembuhan masalah rambut rontok, berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti

  1. Hindari mengikat rambut terlalu kencang, tarikan dari ikatan rambut yang kencang bisa menyebabkan rambut tercabut

  2. Gunakan sisir dengan gigi jarang, dan hindari menyisisr saat rambut dalam kondisi basah

  3. Kurangi pemakaian alat yang menggunakan panas untuk menata rambut, seperti pengeriting, pelurus, dan pengering

  4. Saat anda mengalami masalah rambut rontok, sebaiknya hindari sementara penggunaan bahan kimia seperti pewarna rambut.

  5. Bukan hanya dari luar, perawatan rambut pun bisa dilakukan dari dalam, dengan cara mencukupi kebutuhan gizi dari makanan yang kita konsumsi.

Masalah rambut rontok tidak jarang bisa menyebabkan stres bagi mereka yang mengalaminya.

Segera berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami masalah rambut rontok yang lama atau tidak segera sembuh.

Karena masalah rambut rontok juga bisa saja merupakan tanda dari gangguan kesehatan yang dialami oleh tubuh kita.
Share:

5 Tips Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan

Rambut yang terlihat indah dan sehat dapat menunjang penampilan seorang perempuan. Makanya, tidak salah jika kita merasa khawatir saat men...

Paling Baru