Tidur Setelah Makan ? Inilah Bahaya Yang Sangat Mungkin Terjadi

Perasaan mengantuk saat perut kenyang atau pada saat setelah makan merupakan hal wajar yang bisa dialami oleh siapa saja.

Rasa kantuk tersebut disebabkan karena aliran darah di otak berkurang, akibat dari difungsikannya sebagian besar aliran darah di tubuh untuk membantu proses pencernaan.

Namun, jangan biarkan rasa kantuk tersebut menguasai anda yang kemudian membuat anda memilih untuk mengambil waktu tidur.

Pasalnya, tidur setelah makan ternyata memiliki beberapa resiko, yang bahkan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Efek Bahaya Tidur Setelah Makan

Efek Bahaya Tidur Setelah Makan

Ingin tau apa saja resiko tidur setelah makan ? Dilansir dari Bodsky, ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin timbul jika anda terbiasa tidur pada saat kondisi perut baru terisi.

Masalah yang pertama adalah naiknya asam lambung ke organ pencernaan atas, akibat dari tidak optimalnya kerja organ pencernaan saat kita tidur.

Masalah asam lambung ini bukanlah masalah yang sederhana, dan bisa menimbulkan resiko yang serius. Waspadalah jika anda sering merasakan sensasi panas atau terbakar di dalam organ dada, apalagi anda terbiasa tidur atau berbaring setalah makan.

Baiknya anda konsultasikan kondisi tersebut ke dokter.

Tidur Setelah Makan Meningkatkan Resiko Diabetes

Berdasarkan fakta medis, tidur setelah makan bisa meningkatkan jumlah kadar gula dalam darah, lambat laun kebiasaan tersebut akan memicu resiko diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 ditandai dengan rasa ingin berkemih secara berkala walaupun kita kurang minum.

Dalam jangka panjang, diabetes tipe 2 bisa memicu komplikasi gangguan jantung, gangguan ginjal dan stroke.

Baca juga, stop oleskan pasta gigi pada luka bakar ! ini bahaya nya

Tidur Setelah Makan Malam Bisa Menyebabkan Insomnia

Jika anda pergi tidur sesaat setelah makan malam, maka kemungkinan besar anda akan terbangun saat larut malam karena masalah pencernaan.

Yang terjadi selanjutnya sangat mungkin anda sulit untuk kembali tidur.

Jika di biasakan, anda bisa menderita insomnia, dan kurangnya waktu istirahat bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

Untuk melindungi dari kemungkinan buruk, ada baiknya anda menunda waktu tidur sekitar kurang lebih 2 jam setelah makan

Baca juga, ga disangka, mengkonsumsi bawang putih mentah ternyata memberikan manfaat ini..

Melihat dari efek yang mungkin timbul karena kebiasaan yang sering kita anggap biasa, tidur setelah makan, di atas, maka jika sebelumnya anda mempunyai kebiasaan seperti itu, lebih baik jika mulai saat ini kita berusaha untuk tidak melakukannya.

Karena tentunya mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

 
Atas